Jumat, 16 Agustus 2013

Perbedaan google.co.id dan google.com

Catatan Mahasiswa Gayo | Perbedaan google.co.id dan google.com - Siapa yang tidak kenal dengan situs yang satu ini, sebagai search engine (mesin pencari) raksana di dunia, situs google.com masih memimpin posisi rangking pertama di dunia menurut alexa.com. sedangkan google.co.id sendiri menempati posisi di rangkin 71 dunia dan posisi rangkin 2 di Indonesia setelah facebook.com ( Update di Alexa.com) tanggal 25 Maret 2012).

Nah, Pernahkan sahabat amati ketika sahabat mengetikan alamat google.com di URL browser sahabat ? dan seketika itu alamat nya otomatis berubah menjadi google.co.id (ini disebut redirect/pengalihan) dari google.com ke domain google sesuai negara, untuk indonesia akan dialihkan menjadi google.co.id, korea google.kr.

Mari kita lihat perbedaan antara google.co.id dan google.com dalam pencarian kata, misalkan keyword yang kita pakai sebagai contoh disini adalah :   Fhoto 

Berikut hasilnya di Google.co.id 
Hasil Pencarian dengan keyword "Fhoto" di google.co.id


Berikut HasGoogle.com
Hasil Pencarian dengan keyword fhoto di google.com



Jelas bukan perbedaan hasil pencarianya ? Google.co.id lebih spesific hasil pencarianya ke kata-kata di dalam bahasa indonesia sebagai target utama, meskipun mengindeks beberapa istilah yang berkaitan secara global. sedangkan google.com mengindeks secara internasional atau global tidak dibatasi oleh pencarian kata tertentu di dalam negara.

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa mengakses google.com tapi dialihkan ke google.co.id, pertanyaan yang bagus, berikut caranya :
ketikan di URL anda http://google.com/ncr , maka anda dapat mengakses google.com atau pencarian google secara global.

NB :
Pengertian dari NCR sendiri adalah “No Country Redirection” agar browser kita tidak di batasi oleh suatu wilayah yang artinya kita akan memunculkan pencarian internasioanal atau global google.com.

Kesimpulan : 
Jadi Jika ingin kita simpulkan perbedaan sederhana antara google.co.id dan google.com adalah hasil index halamanya, jika google.com mengindeks halaman secara global, sedangkan google.co.id adalah redirect dari google.com untuk mengindeks halaman google dengan fokus pencarian di Indonesia saja, bagi pengguna internet dan pembaca cukup mengetahui saja perbedaan kedua situs ini, karena disini kita hanya mengulas hal-hal yang sederhana yang mungkin bermanfaat bagi pembaca.


Sudah mengerti bukan perbedaan antara google.com dan google.co.id serta cara agar dapat mengakses halaman google.com tanpa dialihkan ke google.co.id ?

Bagaimana Apakah artikel Perbedaan google.co.id dan google.com ini bermanfaat ?


#Admin
Catatan Mahaiswa Gayo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar