Jumat, 09 November 2012

Ciri Ciri dan Kriteria Rumah Sehat yang Ideal

Contoh Gambar Rumah Sehat
Rumah Sehat tentu menjadi Impian bagi setiap orang, meski sederhana sekalipun faktor kesehatan tidak bisa diacuhkan tentunya. Kesehatan dan kenyamanan akan hadir sepaket jika yang memiliki rumah mengerti bagaimana menjadikan rumah sederhana menjadi sehat. Untuk menjawab beberapa dari masalah itu, berikut admin sajikan Ciri-ciri iri dan kriteria Rumah Sehat yang Ideal.

Sebelum masuk kajian baca dulu yuks desain denah rumah minimalis pada postingan sebelumnya.

Ciri Ciri Rumah Sehat Ideal

  • Konstruksi Bangunan : memiliki pondasi dan konstruksi yang cukup kuat dan aman untuk penghuni di dalamnya serta dibuat dari bahan bangunan yang tahan lama, mudah untuk dipelihara, terdapat jaringan listrik dan bersifat tahan api.
  • Kesehatan : mampu menunjang kondisi kesehatan tiap penghuninya. Contoh di tiap ruangan tersedia penerangan dan tidak lembab, terpenuhinya jaringan air bersih dan air minum, terdapat pembuangan sampah, salura air pembuangan air kotor/limbah rumah tangga dan sebagainya.
  • Kenyamanan : yaitu bertujuan agar penghuni nyaman bertempat tinggal dan mudah melaksanakan kegiatannya.
  • Biaya : keterjangkauan biaya yaitu pembangunan dan pemeliharaan sarana dan prasarana rumah disesuaikan dengan dana dan kemampuan pemilik rumah.
  • Keserasian Lingkungan : untuk memberikan keindahan dan keasrian lingkungan rumah. Contoh; menanam tanaman di perkarangan, memberi lampu penerangan dan sebagainya.

Kriteria Rumah Sehat Sederhana dan Ideal

  • Rumah sehat secara fisik misalnya memiliki ventilasi udara dan ventilasi cahaya, lantai yang kering, atap tidak bocor, sanitasi yang baik, fasilitas MCK yang bersih dll. Kriteria rumah sehat secara fisik pada umumnya terkait dengan pencegahan munculnya penyakit dan penularannya .
  • Rumah sehat secara psikologis misalnya setiap anggota keluarga memiliki privacy yang memadai, antar sesama anggota keluarga terjalin komunikasi yang sehat, dll.
  • Kriteria rumah sehat dari segi security, yaitu memenuhi syarat pencegahan terjadinya kecelakaan baik dari luar maupun dari dalam. Misalnya jarak rumah dari garis sempadan jalan, kontruksi bangunan yang cukup kokoh, antisipatif terhadap bahaya kebakaran, dll.
  • Kriteria rumah sehat dari segi lingkungan misalnya lingkungan yang aman, terhindar dari polusi suara atau kebisingan yang mengganggu, tetangga yang kooperatif dan korektif dll.
Demikianlah ciri ciri dan kriteria Rumah Sehat Sederhana nan Ideal. Yuks miliki rumah sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar