Jumat, 08 Maret 2013

Hubungan Internasional Indonesia dan Korea dalam Bidang Beasiswa


Setiap negara tentu akan membutuhkan interaksi dengan negara lain, seperti halnya seseorang yang selalu berinteraksi dengan orang lain dalam menjalankan kehidupannya. Hubungan internasional Indonesia dengan Korea juga merupakan salah satu hubungan antara negara.

Pengertian Hubungan Internasional

Hubungan internasional adalah hubungan antara individu atau antara negara dengan negara lain yang berbeda. Hubungan ini dapat terjadi apabila terdapat interaksi antara beberapa faktor yang berpartisipasi dalam politik internasional.
Hubungan internasional ini dilakukan oleh negara-negara yang memiliki atau tergabung dalam sebuah organisasi internasional, organisasi nonpemerintah, atau bahkan individu-individu.
Hubungan internasional ini mencakup berbagai aspek kehidupan masyarakat. Aspek-aspek tersebut adalah politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan (hankam), kependudukan, dan pariwisata.
Suatu negara melakukan hubungan internasional karena ada beberapa hal yang menyebabkan hal itu terjadi. Setiap negara selalu melakukan hubungan internasional dengan negara lain untuk kesejahteraan negaranya. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat mendorong sebuah negara untuk melakukan hubungan internasional.
  • Manusia adalah makhluk sosial yang tidak terlepas dari orang lain yang membutuhkan interaksi dalam menjalani kehidupannya.
  • Sebuah negara yang satu dengan negara lainnya memiliki wilayah yang saling berjauhan, sehingga menimbulkan hubungan internasional antara negara tersebut.
  • Pertumbuhan dan perkembangan sebuah bangsa dan negara juga dapat menimbulkan hubungan internasional antara negara.
  • Kebutuhan nasional negara itu tidak semuanya dapat terpenuhi di dalam negaranya, sehingga menimbulkan hubungan internasional antara negara.
  • Hubungan internasional dapat terjadi karena untuk menciptakan kehidupan dunia yang aman, damai, adil, dan merata.
Dengan beberapa hal tersebut sebuah negara harus menjalin hubungan internasional dengan negara lain. Bentuk-bentuk hubungan internasional tersebut banyak macamnya, yaitu sebagai berikut.
  • Hubungan individual adalah hubungan yang terjalin antarpribadi atau perorangan antara warga negara satu dengan warga negara yang lainnya. Hubungan tersebut terjadi karena adanya saling membutuhkan antara individu, sehingga terjadi saling interaksi antara keduanya. Misalnya, para turis atau pelajar.
  • Hubungan antara kelompok adalah hubungan yang terjadi antara sebuah kelompok dari suatu negara dengan kelompok lain dari negara lain. Kelompok tersebut melakukan hubungan internasional secara insidental, periondik, ataupun permanen. Misalnya, kelompok swadaya masyarakat.
  • Hubungan antarnegara adalah hubungan internasional antara negara satu dengan negara lainnya. Di dalam hubungan ini, negara bertindak sebagai sebuah intuisi.
Indonesia adalah salah satu negara yang selalu melakukan hubungan internasional dengan negara lain karena faktor-faktor yang sudah dijelaskan tersebut di atas. Hampir di semua bidang, negara Indonesia melakukan hubungan internasional dengan negara lain.

Hubungan Internasional Indonesia dan Korea

Hubungan internasional Indonesia dengan Korea berjalan di segala bidang. Salah satunya adalah bidang pendidikan. Di bidang pendidikan, Indonesia dan Korea melakukan suatu kerjasama dalam bentuk beasiswa bagi siswa dan mahasiswa Indonesia untuk belajar di Korea.
Beberapa program beasiswa diturunkan dari beberapa lembaga dan universitas di Korea. Ada pula yang diturunkan oleh Kedutaan Besar Korea di Indonesia.
Program beasiswa ini tentunya membantu para siswa dan mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studinya di luar negeri, khususnya Korea. Program yang ditawarkan biasanya beasiswa S1, S2, hingga S3. Namun, ada pula program beasiswa belajar bahasa Korea.
Program ini memang tidak banyak karena biasanya belajar bahasa Korea akan didapatkan oleh siswa atau mahasiswa yang mendapat beasiswa S1, S2, dan S3.
Jadi, siswa atau mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tersebut akan belajar bahasa Korea terlebih dahulu selama satu tahun atau waktu yang ditentukan tergantung lembaga yang menurunkan beasiswa tersebut.
Untuk mendapatkan beasiswa melanjutkan studi di korea, seseorang harus selalu update dengan informasi terbaru. Dari Kedutaan Besar Korea biasanya mengeluarkan program beasiswa satu tahun sekali.
Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Anda dapat mencarinya melalui internet. Selain itu, banyaknya jumlah orang yang mencari beasiswa membuat seseorang harus tetap gigih mencoba kesempatan yang ada.
Program beasiswa belajar bahasa Korea dikeluarkan oleh beberapa universitas di Korea. Ada program yang khusus ditujukan kepada orang-orang keturunan Korea yang belum pernah ke Korea dan orang-orang yang memiliki hubungan dengan orang Korea, seperti suami-istri.
Jadi, apabila Anda memiliki orangtua yang berasal dari Korea dan Anda belum pernah ke Korea, Anda bisa mengikuti program beasiswa tersebut. Apabila suami Anda atau istri Anda orang Korea, Anda dapat mengikuti program beasiswa tersebut. Program beasiswa ini dikeluarkan oleh universitas-universitas terkenal di Korea.
Program beasiswa belajar bahasa Korea lainnya juga dikeluarkan oleh beberapa universitas lain. Salah satunya adalah Geumgang University. Universitasnya tidak terlalu jauh dari Seoul, kira-kira 2 jam perjalanan. Universitas ini menawarkan program beasiswa belajar bahasa Korea selama tiga bulan.
Dalam waktu satu tahun, dibuka dua kelas pada musim semi dan musim gugur. Salah satu fasilitas yang ditawarkan berupa kamar asrama. Penerima beasiswa akan berbagi kamar dengan mahasiswa universitas tersebut. Untuk mengetahui informasi program tersebut lebih lanjut, Anda dapat mencarinya melalui internet.
Banyaknya program beasiswa yang ditawarkan membuka peluang bagi orang Indonesia, khususnya pelajar dan mahasiswa, untuk meneruskan studi mereka di Korea.
Hal ini juga bermanfaat untuk menjalin hubungan kerja sama yang baik antara Indonesia dan Korea. Selain pelajar dan mahasiswa Indonesia yang berkesempatan belajar di Korea, mahasiswa Korea pun berkesempatan meneruskan studi mereka di Indonesia.
Universitas Indonesia dan Universitas Gajah Mada sudah menjadi universitas yang sering dikunjungi mahasiswa Korea. Selain pertukaran mahasiswa, mereka juga mengikuti program belajar bahasa Indonesia selama beberapa semester.
Biasanya mahasiswa yang mengikuti program tersebut adalah mahasiswa yang memilih jurusan sastra Indonesia di kampusnya. Jurusan sastra Indonesia yang ada di beberapa universitas Korea menunjukkan pula bahwa masyarakat Korea, khususnya mahasiswa Korea, tertarik untuk mempelajari bahasa dan kebudayaan Indonesia.

Hubungan Internasional Indonesia dengan Korea di Bidang Hiburan

Selain hubungan internasional di bidang pendidikan, hubungan internasional Indonesia dengan Korea juga dapat terjalin di bidang hiburan. Hiburan di sini banyak bentuknya, mulai dari dunia perbukuan, perfilman, sampai industri musik,
Di dunia perbukuan, hubungan internasional Indonesia dengan Korea cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya buku bacaan berupa novel atau cerita bergambar (komik) yang beredar di Indonesia.
Beredarnya buku bacaan tersebut dikarenakan masyarakat Indonesia banyak yang menyukainya. Bacaan tersebut dikonsumsi oleh semua kalangan, mulai dari kalangan anak-anak sampai dewasa. Semua ada jenisnya, terutama buku bergambar berupa komik yang selalu banyak pembacanya.
Hubungan internasional Indonesia dengan Korea juga terjadi di dunia perfilman. Sekarang ini, film Asia yang tayang di Indonesia, terutama film dari Korea, menguasai dunia perfilman Indonesia.
Film-film Korea banyak ditayangkan di televisi, bahkan film Korea yang berbentuk VCD atau DVD banyak beredar di pasaran karena memang banyak yang menyukainya.
Selain dari dunia perbukuan dan perfilman, hubungan internasional Indonesia dan Korea juga terjadi di dunia musik. Kancah dunia hiburan Indonesia sempat teralihkan oleh adanya film-film Korea dan musik dari Korea.
Masyarakat Indoesia banyak yang menyukai film dan musik dari negara Korea tersebut. Fenomena tersebut sempat membuat dunia hiburan di Indonesia penuh dengan hal-hal yang berbau Korea.
Musik adalah salah satu yang membuat dunia hiburan di Indonesia semakin ramai. Dengan kehadiran musik Korea, yaitu boyband dan girlband, musik tanah air lebih berwarna.
Masyarakat Indonesia menjadi terpengaruh dengan adanya fenomena tersebut. Banyak para pecinta musik Korea membentuk sebuah boyband atau girlband untuk meramaikan kancah musik di Indonesia.
Begitu juga dengan dunia perfilman. Banyak sutradara Indonesia yang membuat film yang ceritanya sama dengan film Korea. Memang terlihat menjiplak dan terkesan tidak kreatif, tapi kenyataannya banyak masyarakat  Indonesia yang menikmatinya.
Hubungan internasional Indonesia dan Korea terjalin sampai sekarang ini. Seperti yang sudah dijelaskan di atas tersebut, mulai dari dunia pendidikan damapai dunia hiburan. Masyarakat Indonesia memang banyak yang tertarik dengan negara Korea.
Satu hal yang penting dalam menerima hubungan internasional ini adalah jangan lupakan kebudayaan sendiri dan cobalah untuk memperkenalkan juga kebudayaan Indonesia di kancah internasional.
Demikian penjelasan mengenai hubungan internasional Indonesia dengan Korea, terutama di bidang pendidikan dan hiburan. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar