Rabu, 27 Februari 2013

Belajar Dari Ikan Depik, Ikan Khas dari Danau Laut Tawar

Ikan Depik merupakan Ikan Khas berukuran kecil yang hidup di Danau Laut Tawar Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Tepatnya,  berada di kota dingin Takengon yang terkenal sebagai penghasil kopi aceh yang enak dan nikmat. 

Ikan Depik sendiri termasuk ikan yang memiliki philosophy yang baik dan dapat dijadikan sebagai media pembejaran, wajah saja pada beberapa event yang diselenggarakan oleh masyarakat Gayo (Aceh Tengah) memakai Ikan Depik sebagai Ikon, Logo Bahkan Maskot.

Bagi Penduduk di daerah Aceh Tengah sendiri tentunya sudah tidak asing lagi dengan Ikan Depik, namun bagi anda yang saat ini belum pernah berkunjung atau memperoleh informasi tentang ikan depik wajib merasakan nilai khas dari ikan depik ini sendiri, tentu saja untuk yang berada jauh dari Dataran Tinggi Gayo ini hanya bisa menikmati ikan depik yang sudah dijemur, atau kalau di Gayo sendiri disebut dengan Depik Kering. 

Belajar Dari Ikan Depik

Selain rasanya Enak ada beberapa ilmu dan pelajaran yang bermanfaat yang dapat kita ambil dari Ikan Depik yang Khas ini. Apa saja..?
  1. Ikan Depik hanya Hidup di Air yang Bersih dan Tawar, artinya untuk soal lingkungan Ikan Depik termasuk ikan yang suka hidup di tempat yang baik. Begitu pula kita, kita harus menjaga alam agar lingkungan kita tetap dalam kondisi udara yang bersih serta bebas dari Polusi.
  2. Ikan Depik Hidupnya secara berkelompok, Ikan Depik termasuk hewan berukuran kecil dan teruji nilai kekompakanya, mencerminkan bahwa tingginya nilai dari kebersamaan yang harus terus selalu dijaga.
  3. Ketika Musim Ikan depik, di Dataran Tinggi Gayo biasanya ditandai dengan terjadi perubahan iklim, yaitu angin yang berhembus terasa berbeda, agak lebih dingin. Terkadang disertai hujan atau gerimis-gerimis kecil. 
Secara Umum tidak ada yang terlalu Istimewa dari Ikan Depik ini, namun yang membuatnya Unik sampai saat ini sepengetahuan saya masih ada di Daerah Dataran Tinggi Gayo Saja.

Berikut beberapa Gambar Ikan Depik dari Berbagai Sumber:
Ikan Depik di Logo Festival Danau Laut Tawar 2013

Ikan Depik di Pengat
Ikan Depik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar